Janjang Koto Sembilan

Wisata alam cagar budaya

janjang-koto-gadangJanjang Koto Gadang letaknya di antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, berupa jembatan sepanjang 1,7 km.  Jembatan tembok itu menghubungkan dua kota terpisah dan menyajikan pemandangan alam spektakuler berupa hutan tropis serta jurang yang menukik tajam. Adapun nama Koto Gadang diambil dari sebuah nagari (desa) yang berada di bawah kawasan Kabupaten Agam.

Desain jembatan ini dibuat mirip dengan The Great Wall of China, namun dalam versi yang lebih kecil. Kira-kira butuh 1.000 langkah dari Lubang Jepang di Bukittinggi menuju Koto Gadang di Agam. Jika lelah, berhentilah sejenak di tengah jembatan, rasakan sejuknya angin berhembus.

Butuh waktu 20 menit bagi yang bersemangat berjalan sampai ke tujuan, namun bagi yang tertatih-tatih bisa menghabiskan waktu 1,5 jam. Kelelahan kaki akan terbayar setelah mata menyaksikan keindahan alam dari sini.
Janjang Koto Gadang menjanjikan pemandangan yang menakjubkan dari Ngarai Sihanok. Ini adalah sebuah lembah yang indah, hijau dan subur. Di bawahnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku. Dipandang dari ketinggian 200 meter, menjadi sajian mata yang mengagumkan.

Ingin kesana? Jembatan ini terletak 90 kilometer di sebelah utara kota Padang. Butuh tiga jam untuk mencapainya. Jangan khawatir, jalanan sudah diaspal rapi walaupun berliku-liku. Janjang Koto Gadang ini menjadi kebanggaan masyarakat Minang. Tembok tersebut adalah ikon pariwisata Sumatera Barat selain rumah gadang dan jam gadang.

Comments (0)

Leave a reply